Karawang

Serah Terima Bantuan Rusun oleh Kementerian PUPR kepada Yayasan Pondok Pesantren Sumber Barokah

ldiikarawang.or.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Perumahan secara resmi melakukan serah terima bantuan Rumah Susun (Rusun) kepada Yayasan Pondok Pesantren Sumber Barokah yang berlokasi di Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Rusun yang telah dilengkapi berbagai fasilitas pendukung dan meublair tersebut diharapkan bisa menjadi tempat tinggal yang nyaman dan layak bagi para santri yang menuntut ilmu di Ponpes tersebut. 

“Hari ini kami telah melaksanakan serah terima Barang Milik Negara (BMN) berupa Rusun kepada  Yayasan Pondok Pesantren Sumber Barokah,” ujar Sekretaris Direktorat Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Ir. M Hidayat di Kantor Kementerian PUPR Jakarta, Kamis (9/2/2023).

Hidayat berharap pihak Yayasan Pondok Pesantren Sumber Barokah bisa merawat sebaik mungkin Rusun tersebut sehingga para santri bisa menuntut ilmu dengan baik. Selain itu, para santri juga bisa menjaga kebersihan dan merawat BMN yang dibangun dengan dana APBN tersebut.

“Naskah hibah BMN tersebut ditandatangani oleh Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto dan Ketua Yayasan Sumber Barokah Karawang H Dedi Surnadi. Jadi pihak Yayasan bisa mengelola dan memanfaatkan Rusun ini dengan baik,” katanya. 

Kepala Bagian Keuangan Pengolaan BMN dan Barang Persediaan Bencana Sekretariat Direktorat Jenderal Perumahan, Sumadiyono menjelaskan,  Rusun yang diserahkan tersebut dibangun pada tahun 2019 oleh Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Jawa I dan  telah dilengkapi meubelair. Lokasi pembangunnya di Desa Wadas, Kecamatan Teluk Jambe Timur, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat.

“Total biaya perolehan Rusun tersebut senilai Rp 3,7 Miliar. Rusun tersebut dibangun satu tower dan dilengkapi dengan lemari dua pintu, tempat tidur susun untuk para santri,” terangnya.
 
Ketua Yayasan Sumber Barokah Karawang H Dedi Surnadi menerangkan, Pondok Pesantren Sumber Barokah merupakan Lembaga Pendidikan Agama yang dipadukan dengan Pendidikan Formal.  Ponpes Sumber Barokah saat ini membina sekitar 1.800 santri dan telah melahirkan banyak lulusan berprestasi baik di dalam negeri hingga ke luar negeri.
 
“Kami mewakili Ponpes Sumber Barokah sangat berterimakasih kepada Kementerian PUPR atas bantuan Rusun ini, kami harap Ponpes Sumber Barokah dan Kementerian PUPR dapat bekerjasama dan bersinergi sehingga pembinaan terhadap santri disini dapat berjalan lancar, dan terwujud bantuan berikutnya,” harapnya. 

(ismi/penulis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *