Karawang

KUA Kecamatan Majalaya Datangi Pondok Pesantren LDII Baitul Ulya Berikan Wawasan BRUS

ldiikarawang.or.id – Kepala KUA Kecamatan Majalaya menggandeng LDII untuk memberikan wawasan BRUS pada remaja usia sekolah. kegiatan ini dilaksanakan pada hari Selasa, 28 Februari 2023 di Pondok Pesantran Baitul Ulya Kecamatan Majalaya.

Kegiatan ini bertujuan untuk menekan angka kegagalan berumah tangga dan menjadikan generasi remaja Indonesia memiliki pengetahuan kesehatan reproduksi laki-laki dan perempuan. 

Kepala KUA Kecamatan Majalaya memberikan sambutan yang memaparkan tentang himbauan dan peraturan dalam mendaftar pernikahan di KUA Kecamatan Majalaya.

” Akhir-akhir ini banyak terjadi penikahan di bawah umur, oleh karena itu pemerintah mengeluarkan Undang-Undang tentang umur yang di tentukan” Paparnya. 

Bimbingan pranikah bagi remaja usia sekolah di Kecamatan Majalaya dapat membantu mereka mempersiapkan diri secara fisik, emosional, dan spiritual untuk memasuki kehidupan pernikahan. 

seperti halnya yang dipaparkan oleh Pini Sepuh Pondok Pesantren Baitul Ulya, BRUS ini dapat menanggulangi kendala-kendala yang sekarang sering terjadi.

” dengan adanya program BRUS ini, karna bentuk pemerintahan yang sangat responsif dengan kendala yang sekarang terjadi ” Ujarnya. 

Bimbingan Pranikah ini dipaparkan oleh tenaga profesional atau ahli yang berpengalaman dalam memberikan nasihat dan pendidikan tentang pernikahan, baik dari aspek agama, sosial, maupun psikologis.

Beberapa topik yang bisa dibahas dalam bimbingan pranikah bagi remaja usia sekolah di Kecamatan Majalaya adalah:

  • Memahami arti dan tujuan pernikahan menurut agama dan budaya setempat.
  • Mengetahui tanggung jawab dan peran masing-masing pasangan dalam pernikahan.
  • Mengenal kriteria dan cara memilih pasangan yang tepat.
  •  Menghindari perilaku yang tidak sehat atau merugikan dalam hubungan percintaan.
  •  Mempersiapkan diri secara fisik dan emosional untuk menghadapi pernikahan, termasuk menjaga kesehatan reproduksi dan mengatasi stres.
  • Meningkatkan komunikasi yang efektif antara pasangan.
  •  Mengenal konflik dalam pernikahan dan cara mengatasinya.
  • Mengetahui pentingnya keuangan dalam pernikahan dan cara mengelola keuangan secara bijak.

bimbingan pranikah bukanlah jaminan bahwa pasangan akan memiliki pernikahan yang bahagia dan sukses. Namun, program ini dapat membantu calon pasangan untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum memutuskan untuk menikah.

(ismi/Penulis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *