Karawang

Tarling Lurah ke PAC LDII Adiarsa Timur Kawarang Eratkan Tali Silaturahmi

ldiikarawang.or.id – Tarling atau “Tarawih keliling” adalah kebiasaan sebagian orang yang berpindah-pindah masjid untuk shalat tarawih. Diantara alasannya adalah ingin merasakan menjadi makmum dari imam-imam yang suaranya bagus atau sekedar ingin memiliki experience shalat tarawih di beberapa masjid.

Namun kali ini adalah Tarling yang diselenggarakan oleh pemerintah kelurahan Adiarsa Timur, Kecamatan Karawang Timur yang sudah menjadi kebiasaan setiap bulan suci ramadhan, Lurah Adiarsa Timur berserta para jajarannya berkeliling masjid untuk menyaksikan kelancaran solat tarawih di masing-masing masjid yang ada di wilayah kelurahan Adiarsa Timur.

Pada hari kamis 14 April 2023 PAC LDII Adiarsa Timur kedatangan Lurah Adiarsa Timur Dudi Juandi beserta para jajarannya untuk melaksanakan solat tarawih bersama dengan LDII tingkat kelurahan yang bertempat di rawagabus yang merupakan salah satu tempat kegiatan LDII yang ada di kelurahan Adiarsa Timur, acara dimulai pada jam 17.30 dengan penyambutan kedatangan para tamu.

Setelah berkumpul di ruangan penerimaan tamu, sambil menunggu kumandang azdan maghrib berbincang-bincang kecil  agar dapat mengenal lebih jauh tentang kegiatan LDII yang ada di kelurahan Adiarsa Timur, Ketua PAC Adiarsa Timur Hadi Abdulloh memaparkan kegiatan-kegiatan yang ada yaitu pembinaan para warga agar dapat beribadah sesuai dengan tuntunan Al-Quran dan Hadits.

Pembinaan tersebut dimulai dari pembinaan anak usia dini, pra remaja, remaja, dewasa, menikah dan usia lanjut dengan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan meraka misalnya anak usia dini dibina masalah mengenal huruf hijaiyah sampai dengan bisa membaca Al-Quran, pra remaja dibina mengenai praktek wudlu, bacaan solat dan doa sehari-hari, remaja diberi materi mengenai akhlaqul karimah, dewasa diberi materi bagaimana mempersiapkan diri untuk memilih pasangan calon suami atau istri yang baik, usia menikah diberi materi bagaimana mempersiapkan kehadiran anak dan bagaimana mendidiknya agar menjadi anak yang solih dan solihat, usia lanjut diberi materi bagaimana mempertahankan keimanan dimasa tua.

Tak lama kemudian adzan maghrib berkumandang tandanya waktu berbuka puasa, dimulai dengan meminum air putih dan aneka jus yang telah disiapkan. Kemudian bersama-sama menuju masjid untuk melaksanakan shalat maghrib berjamaah, setelah shalat maghrib kembali ke ruang tamu untuk menyantap makanan pokok yang telah disiapkan.

Setelah selesai makan dan minum segera berkumandang adzan isya yang tandanya shalat isya dan tarawih akan segera dilaksanakan, setelah melaksanakan shalat isya dan tarawih selesai maka dimulailah acara resmi yang dibuka oleh pembawa acara, dan tibalah saatnya Lurah Adiarsa Timur memberikan sambutan.

Dalam sambutannya Dudi Juandi menyambut baik dan berterima kasih kepada LDII yang telah membina warganya dengan baik hal tersebut merupakan kerjasama antara pemerintahan dengan swadaya masyarakat dalam membina umat agar menjadi warga negara baik baik, yang tunduk dan patuh kepada pemerintah yang syah.

Dudi Juandi mengatakan bahwa menurut data kependudukan masih banyak masyarakat yang belum memiliki KK dan KTP, ada sekitar 300 orang di kelurahan Adiarsa Timur belum memiliki KK, dan sekitar 800 orang dari warga Adiarsa Timur yang belum memiliki KTP, pada kesempatan tersebut Dudi mengingatkan barangkali warga LDII ada yang belum memiliki KK atau KTP segera membuat, atau barangkali ada anak-anak warga LDII yang sudah menginjak usia 17 tahun segera memiliki KTP, hal tersebut berkaitan dengan agar segera tercatat sebagai warga yang memiki hak pilih mengingat sebentar lagi akan menghadapi tahun politik pungkasnya. (Arisman/KIM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *