Jawa Barat

LDII Cimahi Ikuti Peringatan Hari Amal Bhakti ke-78

Cimahi (4/01) – Hari rabu 3 Januari 2024 adalah hari Amal Bhakti bagi Kementerian Agama Republik Indonesia, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kota Cimahi, Dwi Hartono, memenuhi undangan Kementrian Agama Kota Cimahi dalam rangka peringatan Hari Amal Bhakti Kementrian Agama Republik Indonesia Ke-78. Kegiatan tersebut digelar di Lapangan Gedung The Historich, Kota Cimahi.

Kegiatan peringatan Hari Amal Bhakti tersebut dipimpin langsung oleh Penjabat (Pj) Walikota Cimahi Dicky Saromi. Dalam sambutannya ia mengapresiasi kinerja Kementerian Agama Kota Cimahi yang senantiasa menjaga harmoni kehidupan seluruh umat beragama. 

“Kementrian Agama Republik Indonesia adalah institusi pemerintah memiliki tugas di bidang agama dan pendidikan keagamaan. Tugasnya tidaklah ringan dimana harmoni kehidupan beragama yang merupakan salah satu pilar kerukunan nasional harus tetap dijaga, di antaranya dengan memberikan pelayanan yang adil, transparan, dan akuntabel untuk seluruh umat beragama,” ucapnya. 

Ia kemudian mengutip pesan Menteri Agama Yakult Cholil Qoumas agar keluarga besar Kementrian Agama senantiasa bekerja keras, cerdas, guna meningkatkan kualitas dan integritas.

“Hari Amal Bhakti yang diperingati tiap tahun merupakan peneguhan kembali komitmen seluruh jajaran dan keluarga besar Kementerian Agama untuk senantiasa bekerja keras dan kerja cerdas guna meningkatkan kualitas dan integritas dengan tetap menjunjung tinggi sikap ikhlas dalam rangka mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik,” kutipnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Cimahi Baiq Raehanun Ratnasari menjelaskan Hari Amal Bhakti menjadi momentum untuk meningkatkan profesionalitas Kemenag dalam melayani masyarakat serta menciptakan kerukunan dan kedamaian dalam kehidupan beragama lewat penerapan moderasi beragama.

“Momen ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja serta profesionalitas kami dalam melayani Masyarakat. Kami pun sedang mencanangkan prioritas Kementrian Agama yaitu moderasi beragama. Moderasi beragama ini adalah saling toleransi untuk hidup rukun, yang kita sosialisasikan secara masif agar terciptanya perdamaian,” ucapnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh 100 undangan di antaranya Forkopimda Cimahi, Tokoh Agama, dan Organisasi Masyarakat salah satunya LDII. Ketua DPD LDII Kota Cimahi Dwi Hartono berharap kegiatan ini dapat menjadi wadah silaturahim antar umat beragama serta menjalin sinergisitas untuk membangun Kota Cimahi.

“Harapannya dengan adanya rutinitas seperti ini menjadi wadah antar agama saling mengenal, supaya kita dapat sepakat dalam rangka pembangunan Kota Cimahi,” tutupnya. 

Hari Amal Bhakti 2023 mengusung tema “Indonesia Hebat Bersama Umat”. Tema tersebut menekankan pentingnya kerukunan untuk meraih Indonesia Emas 2045. Hari Amal Bhakti yang ke-78 menjadi momentum Kementerian Agama untuk memupuk kesatuan demi mewujudkan visi Indonesia dalam membangun Indonesia yang gemilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *